Jasa SEO Jakarta

Recent Posts

Apa Itu Backlink? Cara Mendapatkan Backlinks

5/06/2020
Tautan di website, selain milik Anda yang biasa disebut tautan internal, juga ada tautan yang datang dari situs lain. Tautan dari luar ini dinamakan backlink. Tautan balik juga disebut tautan masuk (inboud links) karena mewakili lalu lintas yang datang ke situs web Anda dari tempat lain. 

Kualitas dan kuantitas backlink Anda dapat membantu Anda peringkat lebih tinggi di mesin pencari seperti Google dan Bing. Ini karena backlink Anda dianggap sebagai indikator seberapa populer situs web Anda dengan pengguna. Menerapkan, mengelola, dan menganalisis kinerja backlink adalah bagian dari strategi optimisasi mesin pencari (SEO).

Backlink adalah landasan optimasi mesin pencari (SEO) yang hebat. Kami akan menunjukkan kepada Anda cara memperbaiki masalah di situs web Anda, mendapatkan backlink berkualitas, menghindari yang buruk, menemukan direktori online yang relevan, dan menyusun strategi dengan tepat.

Oke, sekarang kita harus sepakat bahwa backlink itu penting untuk peringkat sebuah website. Ia menjadi salah satu faktor penentu otoritas domain situs. Itulah kenapa penyedia jasa backlink menjadi cukup banyak diluaran sana. 

Apa itu backlink?


Tautan balik adalah tautan di situs web orang lain yang mengirim pembaca ke situs Anda. Anggap saja sebagai kesaksian ahli. Jika seorang blogger atau orang lain dari industri Anda merujuk orang ke halaman Anda, mereka pasti berpikir itu sangat bagus.

Google menilai halaman berdasarkan keahlian, keabsahan, dan kepercayaan, atau skor E-A-T mereka. Agar Google memberi peringkat tinggi pada suatu halaman, perlu diketahui bahwa orang lain menganggap kontennya berharga.

Jika banyak orang mengirim pembaca mereka kepada Anda, maka Anda adalah apa yang oleh para ahli pencarian organik disebut "layak untuk amplifikasi." Itulah sebabnya backlink masuk ke dalam kriteria peringkat 5 teratas.

Singkatnya, Anda perlu backlink. Tetapi situs web Anda mungkin perlu beberapa perbaikan teknis terlebih dahulu.

Apakah Anda siap untuk backlink?


Tautan balik saja tidak akan memberi Anda peringkat yang bagus. Anda juga perlu mengunjungi situs web. Sebelum Anda mencari backlink, pastikan situs Anda siap untuk pengunjung yang akan mengikutinya.

Periksa tautan keluar Anda.


Jika Anda memiliki tautan yang menghadap ke luar, Anda perlu memastikan bahwa tautan itu masih berfungsi. Jika pengunjung mengikuti backlink ke situs Anda dan kemudian menemukan bahwa tautan eksternal di sana tidak valid, itu akan sangat merusak kredibilitas Anda.

Alat-alat seperti Screaming Frog SEO Spider dan Siteliner dapat membantu Anda menemukan tautan yang rusak ini tanpa harus mengklik pada setiap tautan yang Anda tempatkan.

Hilangkan tautan yang terputus.


Screaming Frog juga dapat membantu Anda mengidentifikasi dan menyingkirkan tautan yang rusak, yang akan muncul sebagai 404 halaman. (Kode galat 404 menunjukkan bahwa halaman tidak ada.) Tersandung pada halaman kesalahan ini cenderung mengusir pengguna dari situs Anda, jadi sebaiknya Anda memperbaiki tautan ini, terlepas dari apakah mereka diarahkan secara internal atau eksternal.

Jika Anda telah menghapus halaman yang menerima backlink dari situs lain, Anda harus membuat 301 redirect. Jika tidak, pengguna akan berakhir di halaman 404 situs Anda.

Hindari rantai pengalihan.


Pengalihan 301 atau 2 tidak akan terlalu menyakiti pengalaman pengguna Anda, tetapi Anda tidak ingin berakhir dengan rantai. Saat itulah satu halaman mengalihkan ke yang lain, yang mengarahkan ke yang lain, terus dan terus.

Rantai pengalihan frustasi. Selain sebagai gangguan, mereka mengurangi nilai backlink. Ingat bahwa Google menyukai situs web yang menerima banyak tautan. Karena pengalihan membawa pembaca ke suatu tempat selain dari tautan yang semula dimaksudkan, itu kehilangan beberapa otoritas.

Anda dapat memperbaikinya dengan memotong rantai. Pastikan pengalihan hanya terjadi sekali. Tautkan halaman asli ke halaman asli dan singkirkan yang lainnya.

Perbaiki pengalaman memuat halaman.


Pembaca yang mengikuti tautan balik tidak akan menunggu selamanya untuk memuat halaman Anda. Jika terlalu lama, mereka akan mengklik tombol kembali. Hal yang sama berlaku untuk halaman seluler yang tidak dioptimalkan. Jika halaman Anda tidak ditampilkan dengan benar di perangkat pembaca Anda, mereka kemungkinan akan pergi dan tidak pernah kembali.

Jika Anda ingin situs web Anda memberi pengunjung Anda pengalaman positif, pastikan halaman Anda memuat dengan cepat dan benar di semua perangkat.

Minimalkan konten duplikat.


Jika konten yang sama muncul lebih dari satu kali di situs Anda (misalnya, jika Anda mendaftar ulang posting blog lama), perayap Google akan kesulitan menavigasi itu. Karena Google menghargai konten asli, itu akan dikacaukan oleh tampilan 2 halaman yang identik atau sangat mirip dan tidak akan tahu yang mana yang akan ditampilkan kepada pembaca.

Perbaiki masalah kanonik.

Di dunia SEO, Anda akan sering mendengar orang berbicara tentang URL "kanonik". URL kanonik adalah alamat "benar" untuk suatu halaman, dipilih dari sekelompok URL yang tampaknya serupa.

Seorang awam mungkin melihat alamat-alamat berikut dan berpikir mereka mengarah ke tempat yang sama:

  • www.acmewidgets.com
  • www.acmewidgets.com/home.html
  • acmewidgets.com/

Mari kita asumsikan bahwa URL pertama, www.acmewidgets.com, adalah beranda Anda saat ini. Sisanya mungkin versi lama situs Anda atau hanya URL untuk halaman yang tidak ada. Pastikan server Anda diatur untuk mengirim pengunjung ke URL ini dari mereka dan menuju situs Anda yang sebenarnya.

Cara mendapatkan backlink yang berkualitas

Setelah situs Anda siap untuk backlink, Anda akan tergoda untuk mendapatkan sebanyak mungkin. Tetapi kualitas backlink Anda lebih penting daripada kuantitasnya. Bahkan, tautan yang salah justru akan merusak peringkat Anda. Berikut adalah kriteria yang menentukan apakah backlink itu baik:

1. Relevansi


Beberapa peluang backlink akan cocok untuk Anda. Ini adalah yang berasal dari halaman yang berhubungan langsung dengan produk atau layanan Anda.

Misalnya, jika perusahaan Anda memproduksi pakaian hamil, Anda akan mendapatkan backlink dari situs ulasan produk yang menargetkan ibu hamil.

Tapi, kata peringatan — jangan menjadi sombong backlink. Anda tidak akan menemukan banyak pasangan sempurna, jadi tetaplah terbuka untuk backlink yang berdekatan dengan apa yang Anda lakukan. Perusahaan pakaian hamil Anda akan baik-baik saja dengan backlink dari majalah pengasuhan anak atau bahkan blog mode.

Sebuah kata tentang penargetan geografis

Jika Anda memiliki merek e-commerce murni, penargetan geografis tidak akan banyak berarti dalam pencarian Anda untuk backlink. Tetapi jika Anda memiliki lokasi batu-dan-mortir atau Anda menawarkan layanan secara langsung, backlink Anda yang paling relevan adalah tautan balik yang terkait langsung dengan bisnis Anda dan di wilayah Anda. Terbaik kedua adalah yang relevan dengan mata pelajaran atau ditargetkan secara geografis. Apa pun di bawah ini yang merupakan tautan yang hanya cukup relevan.

2. Otoritas


Google menggunakan algoritme untuk menentukan keabsahan situs web. Perusahaan itu biasa menerbitkan rincian algoritme — yang dikenal sebagai PageRank — tetapi berhenti melakukannya beberapa tahun yang lalu. Sekarang satu-satunya cara untuk mengetahui peringkat resmi halaman adalah dengan menelusuri sendiri algoritme, tetapi itu membutuhkan pengetahuan Anda tentang hal-hal seperti "vektor eigen" dan "matriks tautan dinormalisasi." Astaga.

Jauh lebih mudah — dan lebih sedikit pencairan otak — untuk menggunakan alat pihak ketiga seperti Ahrefs atau Open Site Explorer. Dan karena tidak ada alat yang tersedia saat ini yang selaras dengan Google, jadi sebaiknya gunakan lebih dari satu.

3. Kualitas tautan


Sebagian besar waktu, Anda dapat mempercayai situs dengan skor tinggi di situs evaluasi pihak ketiga. Tetapi ada juga beberapa situs jahat yang tahu cara bermain sistem. Situs dapat berpura-pura berwibawa dengan memalsukan ulasan, testimonial, dan peringkat, tetapi kualitas keseluruhan domain akan mengatakan yang sebenarnya.

Situs dapat memalsukan otoritas, tetapi tidak bisa memalsukan peringkat kata kunci organik dan pencarian organik. Jika Anda masuk ke alat pihak ketiga seperti Ahrefs dan menganalisis domain yang berasal dari potensi backlink Anda, Anda dapat mengetahui apakah itu peringkat yang baik untuk beberapa kata kunci dan mengarahkan lalu lintas. Situs yang dimanipulasi tidak akan berada di puncak daftar itu.

4. Standar editorial


Anda akan mendapatkan lebih banyak kredibilitas jalanan dengan backlink dari situs yang selektif tentang backlink yang ditawarkannya. Jika backlink Anda berasal dari situs yang membagikan tautan seperti permen, tidak ada yang akan terkesan. Cari situs yang memiliki standar editorial aktual. Ini akan memakan waktu lebih lama dan Anda mungkin tidak langsung diterima, tetapi itu layak untuk mendapatkan anggukan persetujuan.

5. Kualitas tautan keluar


Kapan pun Anda memiliki kesempatan untuk mengambil backlink dari suatu situs, kunjungi dan periksa tautan keluar apa yang mereka miliki. Apakah mereka ditempatkan secara organik, atau apakah seseorang dengan jelas memaksa mereka di sana? Lakukan pemeriksaan kualitas menyeluruh. Jika situs tersebut terlihat menerima tautan yang relevan dan otoritatif, dan menempatkannya dengan tepat, Anda dapat merasa nyaman dengan tautan yang ada di sana.

6. Status pengindeksan


Jangan repot-repot mendapatkan backlink dari situs mana pun yang tidak diindeks. Jika situs tidak ada dalam indeks, itu tidak akan pernah muncul pada pencarian organik.

Situs diindeks ketika perayap laba-laba Google mengunjungi dan menjelajahinya, mengikuti tautan untuk mencari tahu apa yang ada di sana. Setiap halaman yang ditemukan akan memiliki indeks atau meta tag tidak-indeks, dan file laba-laba halaman itu dalam indeks atau tidak seperti yang diinstruksikan.

Untungnya, sangat mudah untuk mengetahui apakah suatu situs diindeks. Jika Anda memiliki tawaran backlink dari BrainSurgery.com, lakukan pencarian Google untuk "situs: brainsurgery.com." Jika tidak muncul di hasil, jangan terima penawaran.

Hindari peluang backlink ini


Beberapa backlink tidak akan memberi Anda banyak traffic. Yang lain sebenarnya berbahaya. Waspadai bendera merah ini saat mencari peluang backlink.

1. Jaringan tautan publik


Jaringan tautan publik seperti klub yang Anda bayar untuk bergabung. Jaringan akan menempatkan tautan keluar pada situsnya dengan biaya dari pemilik tautan. Ya, itu tautan, tapi itu yang bisa memberi Anda penalti.

Google membenci jaringan ini karena tidak menciptakan nilai bagi pembaca. Mereka mengemas beranda mereka dengan tautan yang tidak terkait dan hampir tidak memiliki konten apa pun. Ketika Google menemukan jaringan ini — dan itu sering terjadi, baik karena seseorang mengeluh atau karena mereka melihat bahwa mereka mencoba memblokir perayap — mereka dapat menghapus indeks jaringan dan mematikannya.

Google juga dapat menghukum pemilik tautan, jadi jangan berpikir bahwa kehilangan backlink adalah yang terburuk yang dapat terjadi. Yang terbaik adalah menghindari pemberhentian penuh ini.

2. Pembuatan tautan otomatis


Ada program perangkat lunak di luar sana yang memanfaatkan keinginan Anda untuk backlink. Alat-alat seperti SENuke dan Ultimate Demon akan mendapatkan tautan Anda di sebanyak mungkin situs, tetapi mereka tidak membeda-bedakan. Mereka akan menempatkan tautan Anda di luar konteks di situs mana pun yang akan mengambilnya, yang merupakan cara terbaik untuk mendapatkan penalti lain.

3. Komentar yang dibeli


Anda mungkin pernah mendengar bahwa berkomentar di blog orang lain adalah cara yang bagus untuk mendapatkan backlink. Itu hanya berlaku untuk komentar yang relevan di blog terkait, yang mengesampingkan sebagian besar komentar yang dibeli.

Ya, komentar yang dibeli tidak mahal. Tapi mereka juga sering tidak relevan dan mereka mengemas backlink Anda dengan orang lain yang tak terhitung jumlahnya, banyak di antaranya pergi ke situs yang sangat jelek.

4. Tautan balik seluruh situs


Anda akan berpikir bahwa backlink yang bisa dilihat orang di setiap halaman situs adalah ide bagus, bukan? Yang benar adalah bahwa Google memprioritaskan backlink yang relevan dengan konten pada halaman. Jika backlink Anda ada di setiap halaman situs karena tertanam di sidebar, footer, atau header, itu cenderung tidak relevan pada semua halaman tersebut. Itu sebabnya Google cenderung untuk memprioritaskan backlink sidebar atau footer demi tautan dalam konten.

Pengecualian untuk aturan ini adalah jenis backlink yang benar-benar relevan yang kita bicarakan sebelumnya. Jika situs Anda menerbitkan ulasan yang cemerlang tentang perusahaan, misalnya, perusahaan itu akan dibenarkan memposting jenis backlink "apa yang orang lain katakan" di sidebar atau footer mereka. Mereka tidak mungkin mendapat penalti.

5. Situs yang tidak relevan


Hanya karena seseorang menawarkan Anda backlink, Anda tidak perlu menerimanya. Bahkan, jika situs yang menawarkan tidak ada hubungannya dengan Anda, jangan menempatkan backlink Anda di sana. Untuk satu, Anda akan terlihat putus asa. Itu bukan tampilan yang bagus. Kedua, tautan dari sumber yang tidak relevan dapat terlihat seperti spam.

Seperti disebutkan, ini tidak berarti bahwa Anda harus menjadi sombong backlink — hanya saja Anda harus mengetahui dari mana tautan Anda berasal. Misalnya, tautan ke blog kuliner Anda dari situs web mobil bekas terlihat mencurigakan, sedangkan tautan dari situs web nutrisi masuk akal.

Cara membangun backlink:

Cara membangun backlink: strategi yang berhasil

Sekarang Anda tahu seperti apa backlink baik dan buruk itu. Jadi, bagaimana Anda mendapatkan yang baik?

Ini semua tentang mendapatkan nama Anda di luar sana dengan cara yang jujur. Kami melakukan bisnis di dunia di mana buzz asli bernilai jauh lebih dari sekadar promosi tanpa malu, dan itu juga berlaku untuk backlink seperti halnya untuk hal lain. Google dan pemirsa dapat mengetahui apakah backlink itu asli atau tidak.

1. Berpartisipasi dalam forum industri.


Jika Anda berpartisipasi dalam forum yang relevan dengan niche Anda, Anda bisa mendapatkan backlink Anda di luar sana dan mendapatkan beberapa referensi ke situs Anda juga. Pertama, lakukan pencarian Google untuk kata "forum" plus nama ceruk atau industri Anda.

Cukup mengisi profil Anda di salah satu forum ini biasanya akan memberi Anda backlink, karena mereka cenderung memintanya sebagai bagian dari proses pendaftaran. Pastikan Anda menambahkan kata kunci yang ingin Anda peringkatkan sebagai bagian dari profil Anda.

Kemudian, dapatkan setelah itu:

  • Mulai utas diskusi.
  • Posting di utas orang lain.
  • Terhubung dengan pengguna lain.

Jika orang lain memposting tautan mereka dalam komentar, silakan dan tambahkan tautan Anda.
Jika Anda mengambil rute ini, yang terbaik adalah menghindari promosi yang berlebihan.

2. Komentar di blog yang relevan.


Jika Anda selektif tentang blog yang Anda pilih untuk dikomentari, dan jika komentar Anda menambah nilai posting, Anda bisa mendapatkan lalu lintas yang signifikan dengan metode ini. Menambahkan nilai adalah tujuan utama Anda. Anda tidak hanya mencoba memposting tautan Anda, tetapi Anda juga ingin membangun koneksi dengan blogger dan menampilkan diri Anda sebagai kontributor yang cerdas dan cerdas untuk industri ini.

Untuk membuat kesan sebaik mungkin, pilih satu poin dari artikel ke alamat. Bagikan pemikiran Anda dalam satu atau dua kalimat dan kerjakan backlink Anda secara organik.

3. Dapatkan terdaftar di direktori lokal dan niche.


Jika seorang tukang ledeng di Des Moines mendaftarkan bisnisnya di Miami Yellow Pages di bawah bagian pengacara, ia tidak akan mendapatkan bisnis apa pun, dan ia mungkin akan dikeluarkan dari edisi berikutnya. Tetapi jika dia meletakkannya di bagian pipa ledeng buku Des Moines, dia mungkin akan mendapatkan beberapa pelanggan baru.

Direktori online serupa. Jika Anda menemukan satu yang relevan untuk niche Anda dan, jika berlaku, lokasi Anda, Anda dapat berupaya mendapatkan tautan yang dapat diikuti di situs.

4. Format tautan Anda dengan jelas.


Ada 2 jenis backlink yang dapat Anda andalkan agar relevan dengan jelas:

  • Tautan telanjang, yang muncul sebagai URL itu sendiri
  • Tautan bermerek, yang menampilkan nama perusahaan Anda

Ini mungkin tampak jelas, tetapi Anda perlu perayap Google untuk mengetahui tautan yang relevan. Kalau tidak, mereka mungkin mengabaikannya.

Majulah dan posting backlink yang bagus


Sekarang Anda tahu kapan harus memposting backlink Anda dan seperti apa situs untuk mempostingnya. Anda tahu situs apa yang harus dihindari dan situs apa yang dianggap relevan. Anda siap keluar dan diperhatikan.

Ingat, perlu waktu untuk mencari dan mengamankan backlink yang baik. Ini sepadan dengan masalahnya, dan layak untuk pilih-pilih. Sekarang, keluarlah dan buat semua situs web Anda semestinya!

Sumber: Mailchimp