Jasa SEO Jakarta

Recent Posts

Cara Main Domino Balok

12/08/2020


Game domino balok sejak dulu sudah erat dikaitkan dengan kebiasaan masyarakat Indonesia. Terutama dikalangan masyarakat minang yang lebih familiar dengan sebutan permainan ‘Balak’. Saat ini domino balok dapat dimainkan dengan mudah melalui aplikasi di smartphone. Cukup dengan menerapkan cara main domino balok seperti ulasan dibawah ini.

Domino balok digadang-gadang sebagai permainan paling pas untuk mengisi waktu luang sambil ngopi. Masyarakat juga tidak jarang memainkan domino balok versi tradisional ketika sedang ronda dan hajatan. Bahkan, begadang dan berkumpul tanpa memainkan domino balok terasa hambar.

Permainan yang dulunya dilahirkan dari budaya tiongkok ini menampilkan kartu berukuran cukup kecil yakni 3×5 cm. Setiap kartu memiliki kombinasi dari dua angka yang berada pada dua sisi. Angka-angka tersebut dilihat dari titik-titik yang ada dan biasanya berwarna merah atau hitam.

Tidak semua titik-titik dikedua sisi berjumlah berbeda. Ada pula kartu yang menampilkan titik berjumlah sama yakni 0-0, 1-1, 2-2, dan seterusnya. Kartu yang dianggap paling istimewa adalah yang memiliki nilai 0 dikedua sisinya. 

Cara Main Domino Balok 

Bermain game domino balok memiliki aturan bermain yang sederhana. Para pemain cukup harus menyambung ujung susunan dari kartu domino yang memiliki angka sama. Apabila ada pemain yang tidak memiliki angka kartu sama maka dapat menyebutkan “pass” atau dilewati ke pemain lain.

Pass tersebut berlaku seterusnya sampai ada kartu yang cocok. Pemain yang menghabiskan kartu pertama kalinya dinyatakan sebagai pemenang. Domino balok sama seperti domino umumnya yang dimainkan oleh 4 orang. Kemudian dari keempat orang tersebut dibagi dalam 2 tim.

Setiap tim bermain dengan mandan. Adapun peranan rekan pada permainan sangat penting karena berfungsi menghambat ruang gerak lawan. Jadi, pemain rekan akan memuluskan jalan mandan untuk memenangkan permainan.

Dalam satu nomor domino balok terdiri atas 7 macam kartu. Contohnya 0-6, 1-6, 2-6, 3-6, 4-6, 5-6, 6-6. Setiap pemain pada awal permainan akan memperoleh 4 buah kartu domino balok. Apabila pemain memperoleh variasi jumlah angka terbanyak memiliki potensi kemenangan lebih besar.

Bermain domino balok tidak hanya membutuhkan kecekatan, tetapi juga kerjasama tim dan strategi. Dalam permainan domino juga dikenal dengan istilah menghitung kartu. Maksudnya berapa saja jumlah kartu yang telah keluar, kemungkinan besar sisanya dipegang pemain lawan. 

Strategi Bermain Domino Balok

Ingin menjadi profesional bermain domino juga dibutuhkan strategi bermain. Seperti pada permainan game online Domino99 dapat dimenangkan jika jam terbang bermain semakin tinggi. Berikut ini strategi yang dapat diterapkan dalam permainan domino.

1. Membaca Kartu Lawan

Ada beragam cara yang digunakan untuk membaca kartu lawan. Ingat bahwa pemain sering kali menurunkan kartu yang jumlahnya berseri. Contohnya lawan akan selalu menjatuhkan kartu angka 1. Kemungkinan besar mereka memiliki angka 1 berseri. Untuk memenangkan permainan maka Anda harus mencegah lawan menurunkan angka 1. 

2. Memancing Lawan

Selanjutnya adalah memancing lawan mengeluarkan kartu yang menguntungkan. Buatlah mereka terpancing mengeluarkan kartu yang jumlahnya Anda miliki.

3. Mengadu Kartu 

Teknik mengadu kartu berfungsi untuk menghentikan permainan dan memenangkannya. Caranya yakni membuat angka kembar pada kedua sisi kartu. Contohnya masing-masing sisi memiliki ujung jumlah 3. 

Teknik sangat menarik tetapi juga mengandung resiko. Sebab, pemain yang mengadu kartu harus menyimpan sisa angka terkecil dibanding pemain lainnya. Apabila jumlah kartu yang pemain tersebut pegang berjumlah besar berarti masih ada potensi kekalahan.

4. Memperhatikan Kartu 

Pemain juga harus memperhatikan kartu yang dirinya turunkan dan juga lawan. Tujuannya agar dapat memperhitungkan sisa dari kartu yang diletakkan pada papan.

5. Mengalihkan Konsentrasi Lawan

Selain menerapkan strategi yang mulus, tidak jarang pemain saling mengalihkan konsentrasi lawan. Sehingga, lawan tersebut menurunkan kartu yang sebenarnya tidak perlu diturunkan. Langkah ini efektif tetapi terkadang mengundang emosi jika lawan menyadarinya.

Seperti itulah cara bermain domino balok yang biasanya dilakukan masyarakat. Jika ingin memenangkan permainan harus benar-benar berkonsentrasi dan tidak terkecoh oleh apapun. Semoga berhasil.