Jasa SEO Jakarta

Recent Posts

Peralatan Keselamatan Kerja Crew Kapal Yang Wajib Digunakan

1/29/2021


Crew kapal merupakan elemen penting dalam struktur organisasi kapal yang menunjang kelancaran pelayaran. Crew kapal dibagi dalam berbagai divisi sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Ketika melaksanakan tugasnya penting untuk mengenakan peralatan kapal untuk keselamatan kerja crew kapal.

Apabila crew tidak menggunakan peralatan keselamatan dengan lengkap akan membahayakan dirinya ketika terjadi situasi darurat. Terlebih lagi tugas crew kapal mengamankan penumpang terlebih dahulu dibandingkan dirinya. Jadi, sangat penting untuk menggunakan peralatan keselamatan kerja.

Peralatan Keselamatan Kerja Crew Kapal Selama Pelayaran

Pengoperasian kapal yang mengangkut barang maupun penumpang dilakukan sesuai standar keselamatan kerja. Biasanya perusahaan perkapalan terlebih dahulu memastikan crew kapal patuh dengan prosedur keamanan pribadi. Serta crew wajib menaati semua ketentuan operasi ketika  menjalankan tugas diatas kapal.

Keamanan dapat diwujudkan sepanjang perjalanan juga memerlukan langkah-langkah dasar. Mulai dari memastikan semua crew kapal menggunakan alat pelindung pribadi. Berikut ini alat-alat pelindung diri paling mendasar yang wajib digunakan crew kapal, yakni :

  1. Pakaian pelindung, memiliki fungsi optimal melindungi semua bagian tubuh crew dari zat berbahaya. Contohnya air panas, minyak panas, percikan las, dan lainnya. Adapun pakaian pelindung yang dimaksud berupa Boiler Suit (Dangri).

  2. Helmet berupa pelindung kepala yang digunakan oleh crew kapal. Bahan dasar membuat helmet adalah plastik keras dan berkualitas. Normalnya, crew kapal yang bekerja diluar ruangan menggunakan helmet sesuai standar keselamatan. Tidak lupa juga dikaitkan dengan tali dagu untuk menjaga helmet melindungi kepala secara menyeluruh.

  3. Safety shoes, digunakan oleh crew kapal yang bertugas menangani bagian mesin dan kargo. Umumnya peralatan safety shoes terbuat dari material logam ringan dan bobotnya lebih berat. Fungsi alat keselamatan satu ini untuk melindungi kaki crew kapal dari licin dan zat-zat berbahaya.

  4. Hand safety, memiliki beragam bentuk dan bahan. Fungsi sarung tangan ini untuk melindungi tangan crew kapal dari zat kimia cair dan panas. Hand safety wajib digunakan oleh crew yang bersinggungan langsung dengan zat kimia berbahaya.

  5. Goggles merupakan pelindung mata optimal yang digunakan dalam aktivitas kerja sehari-hari. Apalagi masing-masing crew kapal berpotensi mengalami cidera mata. Sedangkan, crew kapal bagian pengelasan akan menggunakan googles khusus. Biasanya terbuat dari besi atau bahan fiber yang tebal.

  6. Plug atau penyumbat telinga. Biasanya ada ruangan mesin kapal yang menimbulkan suara bising dengan intensitas suara 110-120 db. Dalam hal ini, frekuensi suara tergolong sangat tinggi jika langsung didengar telinga akan mengakibatkan gangguan serius. Misalnya iritasi mata, sakit kepala, dan telinga berdengung kencang. Alhasil, sekencang apapun sumber bunyi, telinga tetap aman.

  7. Safety harness adalah peralatan operasional kapal yang digunakan untuk menahan tubuh saat terjatuh. Biasanya digunakan oleh crew kapal bagian pengecetan dan perbaikan. Safety harness juga wajib digunakan oleh operator kapal.

  8. Face mask atau masker bertujuan melindungi hidung dan wajah manusia. Terutama crew kapal yang beraktivitas di permukaan insulasi, bagian pengecetan, pembersihan karbon maupun partikel berbahaya. lain Face mask berupa perisai wajah yang berguna melindungi secar optimal dari partikel berbahaya. 

  9. Chemical suit merupakan perlengkapan keselamatan keja crew kapal yang bersentuhan langsung dengan bahan kimia berbahaya saat berlayar. Khususnya bahan kimia perusak jaringan kulit karena melakukan kontak langsung.

  10. Welding perisai, digunakan untuk melindungi wajah juru las selama melakukan pekerjaannya. Bentuk welding perisai sendiri berupa topeng besi dan ada bagian pelindung mata. Alhasil, juru las dapat menjalankan pekerjaan tanpa takut khawatir dengan percikan las dan sinar ultraviolet yang berlebihan.