Jum. Okt 13th, 2023
Pengaturan Jam Digital Masjid

Jam digital menjadi suatu kebutuhan yang penting untuk membantu memastikan akuratnya waktu salah satunya jadwal waktu sholat. Terdapat berbagai cara pengaturan jam digital masjid salah satunya yakni secara manual.

Namun, terkadang ada pengurus masjid yang masih belum tahu pengaturan tersebut. Untuk itu, berikut ulasan bagaimana mengatur jam digital masjid:

1. Pengaturan Kalender

Pengaturan Jam Digital Masjid

Pengaturan kalender merupakan pengaturan jam digital masjid yang diperlukan untuk mengatur jadwal sholat. Untuk mengatur pengaturan ini dengan tekan tombol menu terlebih dahulu.

Kemudian masuk dalam pengaturan kalender. Pada tampilan pengaturan kalender, selanjutnya atur hari, tanggal, bulan, dan tahun yang sesuai menggunakan tombol atas bawah.

2. Pengaturan Jam

Pengaturan jam berguna untuk mengatur jadwal waktu sholat agar tepat dan akurat. Untuk mengatur waktu jam digital dapat dilakukan dengan tekan tombol menu, kemudian masuk ke pengaturan jam.

Setelah muncul tampilan jam, sesuaikan waktu pada jam digital dengan waktu jam saat itu. Pastikan bahwa waktu benar-benar sudah sesuai.

3. Pengaturan Waktu Sholat

Pengaturan ini ditujukan untuk mengatur jadwal waktu sholat agar sesuai dan dapat menjadi alarm pengingat sholat. Cara mengaturnya dengan tekan menu beberapa kali hingga jadwal sholat yang dituju berkedip. Selanjutnya tambah atau kurangi untuk waktu sholat selanjutnya.

4. Pengaturan Jeda Iqomah

Selain pengaturan waktu sholat terdapat juga pengaturan jeda iqomah. Cara pengaturannya yakni hanya tekan menu beberapa kali hingga muncul tampilan iqomah. Setelah itu, atur jedanya selama sekian menit sesuai yang diinginkan.

5. Pengaturan Mode Auto On/Off

Pengaturan ini berguna untuk mematikan atau menghidupkan jam digital dengan otomatis. Hal ini akan lebih menghemat penggunaan listrik masjid. Cara mengaturnya yakni tekan menu beberapa kali hingga muncul fitur tersebut. Kemudian, atur waktu yang diinginkan untuk mematikan atau menghidupkan jam digital.

Demikian, ulasan mengenai pengaturan jam digital masjid secara manual yang mudah dilakukan. Pengaturan tersebut akan sangat mempermudah jalannya jadwal sholat di masjid karena tidak perlu mengaturnya terus menerus. Perlu diperhatikan ketika sudah mengatur jam digital masjid, untuk tidak lupa menyimpan perubahan dan meletakkan kembali jam pada posisi yang tepat.

Baca juga: Tempat Download Lagu Barat Gratis Terpopuler