Kam. Feb 2nd, 2023
Publisitas Pariwisata

Publisitas berasal dari bahasa “publicate” yang artinya “untuk umum”, bagaimana dengan publisitas pariwisata? Keberhasilan penjualan suatu produk dapat dipengaruhi oleh faktor publisitas. 

Publisitas dapat kita lakukan dengan memperkenalkan suatu produk kepada masyarakat dengan berbagai cara, baik itu dari media sosial maupun sebagian darinya. Dalam bidang pariwisata, memerlukan publisitas, perbedaan antara publikasi.

publikasi adalah kegiatan yang memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat umum, sedangkan publisitas adalah publikasi yang menggunakan media massa sebagai sarana penyebaran informasi seperti radio, surat kabar, televisi, dan lain sebagainya.

Definisi Publisitas Menurut Para Ahli 

Menurut rahmacitti, publisitas adalah berita yang ditulis oleh media massa yang memuat pemberitahuan tentang suatu peristiwa, jabatan, pekerjaan, produk, jasa, kontribusi, sejarah atau tujuan suatu entitas atau kelompok usaha. Apa yang dimaksud dengan publisitas pariwisata?

Selain itu, menurut swastha, publisitas adalah sejumlah informasi tentang sasaran, barang atau organisasi yang disebarluaskan kepada masyarakat melalui media secara cuma-cuma atau tanpa pengawasan dari sponsor.

Selain itu, newsom, truk kruckeberg mengatakan bahwa publisitas adalah berita tentang seseorang, produk atau jasa yang muncul dalam ruang atau waktu yang disediakan oleh media dalam bentuk berita fitur, konteks editorial atau dalam dunia program podcast.

Selain itu ada juga jenis publisitas antara lain low cost publisitas adalah publisitas yang mengeluarkan biaya sedikit, seperti, balon, poster, spanduk. Penasaran mengenai publisitas pariwisata?

Publisitas berbiaya tinggi adalah publisitas yang mengeluarkan biaya yang sangat besar seperti papan reklame, radio, tv, iklan display di surat kabar

Publisitas Pariwisata

Keuntungan Publisitas Pariwisata Adalah

Publisitas dapat menjangkau orang-orang yang tidak mau membaca artikel tersebut, publisitas dapat ditempatkan di halaman depan surat kabar atau di posisi yang menonjol.

Lebih dapat dipercaya karena ketika surat kabar atau majalah menerbitkan berita sebagai berita dan berita umumnya lebih dipercaya daripada iklan publisitas jauh lebih murah karena gratis.

Manfaat Publisitas Pariwisata Bagi Perusahaan

Meski publisitas tidak terlalu membutuhkan anggaran yang besar, namun kegiatan ini dapat memberikan dampak positif yang luar biasa bagi perusahaan. Dikutip dari halaman  patch, berikut adalah beberapa manfaat melakukan publisitas:

  1. Bangun kredibilitas

Sebuah perusahaan atau bisnis harus mampu membangun kredibilitas bagi perusahaan tersebut. Mengapa? Sebab, semakin baik kredibilitas yang dimiliki suatu perusahaan, maka akan semakin mudah untuk menarik minat banyak pelanggan.

Untuk produk yang baru dirilis, publisitas adalah wajib, sehingga masyarakat dapat langsung mengenali produk tersebut. Semakin banyak suatu produk dilihat oleh masyarakat, maka akan semakin mudah diingat dan akan tampil kredibel di mata masyarakat.

  1. Membawa bisnis ke perhatian publik

Manfaat kedua melakukan publisitas adalah membuat bisnis lebih mampu menarik perhatian publik.

Publisitas melalui media sosial dapat membuat bisnis lebih cepat dikenal, apalagi jika konten di dalamnya sangat menarik.

Perlu diperhatikan bahwa sebuah brand akan lebih mudah diperhatikan ketika brand tersebut mampu membuat konten yang unik dan menarik.

Untuk itu, sebuah perusahaan atau bisnis harus benar-benar memperhatikan media untuk melakukan kegiatan publisitas.

Kekurangan Publisitas Pariwisata

  • Perusahaan tidak dapat mengontrol media
  • Publisitas hanya dapat dilakukan satu arah, dimana publik hanya dapat membaca atau melihat berita tanpa dialog atau interaksi langsung.
  • Perusahaan juga tidak bisa mengontrol informasi seperti apa yang dihasilkan oleh media, sehingga jika informasi yang dihasilkan media adalah informasi yang mendiskreditkan perusahaan maka akan sangat merugikan.

Bagaimana Sifat Publisitas Pariwisata

Beberapa sifat utama publisitas adalah sebagai berikut:

  • Publisitas memiliki tingkat kebenaran atau kepercayaan yang tinggi, berita yang berkaitan dengan suatu publisitas akan dinilai oleh masyarakat sebagai kebenaran dan akan lebih mudah dipercaya.
  • Maksud sebenarnya dari promosi tidak akan diketahui, karena pesan akan disampaikan dalam bentuk berita bentuk tanpa niat menjual.
  • Publisitas akan menggambarkan kondisi produk suatu perusahaan secara jelas dengan berbagai cara dan dapat didramatisasi sedemikian rupa sehingga produk tersebut dapat digambarkan dengan jelas.
  • Lengah, yaitu berita yang dimuat di surat kabar yang dibaca
  • Penggambaran produk. Sama seperti periklanan, publisitas mampu menggambarkan produk suatu perusahaan dalam cerita yang lebih jelas dan luas.

Oleh hampir semua orang, sehingga segala hal yang berkaitan dengan perusahaan dapat dibaca oleh masyarakat luas. 

Anda bisa belajar banyak dari contoh press release. Apabila membutuhkan bantuan, bisa mempertimbangkan jasa iklan Doremindo Agency. Cara pasang iklan di Koran pada masa modern sangat sederhana.

Demikian ulasan yang bisa kami sampaikan pada kesempatan ini mengenai publisitas pariwisata, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Marketing Offline Adalah? Kenapa Pemasaran Offline Panting?