Sen. Mei 27th, 2024
wisata jogja apa saja

Buat kalian yang lagi nyari tempat asyik buat jalan-jalan, Jogja jawabannya! Dari mulai wisata alam Jogja seperti pantai sampe candi, semua ada di sini. Jadi, langsung saja, kita bahas dan berikan jawaban atas pertanyaan dari wisata Jogja apa saja? ini dia yang bisa kalian cek di Jogja!

Jadi, Wisata Jogja Apa Saja? Ini Dia Daftarnya!

1. Pantai Parangtritis

Kita mulai menjawab pertanyaan wisata Jogja apa saja dari yang paling populer, Pantai Parangtritis! Pantai ini nggak cuma buat lihat sunset yang keren, tapi juga buat main pasir atau naik andong. Jangan lupa, hati-hati sama ombaknya ya! Lokasinya di Bantul, sekitar 27 km dari pusat kota Jogja.

2. Candi Prambanan

Nah, yang ini pasti udah pada tau. Candi Hindu yang megah ini punya sejarah yang keren banget. Jangan lupa, pas kesini, ambil banyak foto biar feed Instagram makin kece! Candi Prambanan ada di Klaten, sekitar 17 km dari Jogja.

3. Taman Sari Water Castle

Kalo lagi pengen lihat tempat yang unik, dateng aja ke Taman Sari Water Castle. Tempat ini dulu jadi tempat mandi raja, loh! Saat ini, menjadi spot foto yang kece banget buat upload di Instagram. Jangan lupa, explore tiap sudutnya ya! Lokasinya di Yogyakarta, tepatnya di pusat kota.

4. Gunung Merapi

Yang suka petualangan, wajib banget dateng ke Gunung Merapi! Meski berbahaya, pemandangannya di atas sana nggak ada duanya. Bisa naik jeep atau trekking, sesuai selera. Jangan lupa, ikuti instruksi dari guide ya! Lokasinya di Kabupaten Sleman, sekitar 30 km dari Jogja.

5. Malioboro Street

Kalo udah di Jogja, nggak sah kalo nggak mampir ke Malioboro. Tempat ini bener-bener jantung kota Jogja. Banyak banget penjual souvenir, makanan, sampe batik keren. Kalo belanja, jangan lupa nawar ya! Lokasinya di pusat kota Jogja.

6. Goa Jomblang

Nah, buat yang suka tantangan, cobain dateng ke Goa Jomblang. Tempat ini punya keindahan alam yang luar biasa. Kamu bakal turun ke dalam goa pake tali dan liat sinar matahari masuk dari lubang di atas. Nggak boleh lupa, bawa perlengkapan yang lengkap ya! Lokasinya di Semanu, Gunungkidul, sekitar 50 km dari Jogja. Berhubung lokasinya yang lumayan jauh, kamu bisa mempersiapkan kendaraan pribadi kamu agar sampai dengan selamat. Jika tidak memadai, kamu bisa menyewa kendaraan di jasa dan layanan sewa kendaraan terbaik yaitu altha-rent.com.

7. Alun-Alun Kidul

Alun-alun Kidul menjadi jawaban terakhir dari pertanyaan wisata Jogja apa saja! Buat yang suka suasana kota, wajib banget mampir ke Alun-Alun Kidul. Bisa main layang-layang, naik andong, sampe main ombak air mancur. Tempat ini selalu rame kapan aja! Lokasinya di pusat kota Jogja.

Tips saat Liburan di Jogja

1. Siapkan Perlengkapan yang Tepat

Jogja bisa panas banget, jadi pastikan kamu bawa perlengkapan yang nyaman, seperti topi, sunscreen, dan air minum.

2. Cek Cuaca

Sebelum berangkat, pastikan cek cuaca dulu. Karena Jogja punya iklim tropis, cuacanya bisa berubah-ubah tiba-tiba.

3. Rencanakan Jadwal

Buat rencana perjalanan sebelumnya supaya nggak kelabakan. Ada banyak tempat yang pengen kamu kunjungi, jadi bikinlah itinerary yang baik.

4. Jangan Lupa Cicipi Kuliner Khas Jogja

Jogja terkenal dengan makanan lezatnya! Jangan sampai ketinggalan cobain gudeg, bakpia, dan makanan khas lainnya serta jangan lupa membeli oleh oleh buat temen dan kerabat di pusat oleh oleh terbesar di Jogja.

5. Hormati Budaya Lokal

Saat berkunjung ke tempat-tempat bersejarah atau suci, pastikan kamu menghormati aturan dan budaya setempat.

6. Berhati-hati di Jalanan

Lalu lintas di Jogja bisa rame banget, jadi selalu berhati-hati saat menyeberang jalan.

7. Bawa Uang Tunai Secukupnya

Meskipun banyak tempat sudah menerima pembayaran non-tunai, tetaplah bawa uang tunai secukupnya untuk jaga-jaga.

Penutup

Jadi, itu dia guys, tempat-tempat keren di Jogja yang menjadi jawaban atas pertanyaan soal wisata Jogja apa saja? dan bisa kamu kunjungi sekarang juga bersama kerabat ataupun keluarga! Jangan lupa, selalu jaga kebersihan dan keamanan ya saat liburan. Semoga liburan kamu di Jogja seru dan berkesan dalam kenangan kamu!

Baca Juga: Wisata Bali Terbaru: Temukan Destinasi Wisata Terbaik di Bali