Jum. Okt 13th, 2023
Cara Meredakan Nyeri Haid dengan Pijatan

Nyeri haid adalah kondisi umum. Pasalnya, selama menstruasi, otot-otot rahim berkontraksi dan menurunkan lapisan yang menumpuk. Selain rasa sakit, wanita menderita mual, muntah, sakit kepala dan bahkan diare. Hm, namun ternyata ada cara meredakan nyeri haid dengan pijatan yang mudah dilakukan. 

Pasalnya, ada banyak wanita percaya bahwa satu hal yang dapat mereka lakukan untuk meredakan kram menstruasi adalah pijat perut. Apakah itu benar-benar berhasil? Simak ulasannya di bawah ini!

Bagaimana Cara Meredakan Nyeri Haid dengan Pijatan?

Pijat Perut

Mengutip penjelasan dari On Health, memijat perut selama lima menit sehari dianggap bisa meredakan kram menstruasi. Pijat dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga dapat membantu Anda mengatasi kram menstruasi.  

Selain itu, minyak pijat dengan minyak esensial seperti clary sage, lavender dan marjoram memberikan manfaat tambahan bagi tubuh. Minyak ini mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan yang terkait dengan dismenore

Hal ini juga ditegaskan oleh artikel “The Effects of Massage Therapy on Dysmenorrhea Caused by Endometriosis” yang diterbitkan di US National Library of Medicine National Institutes of Health. 

Cara meredakan nyeri haid dengan pijatan ini sekitar 20 menit telah terbukti meredakan kram menstruasi. Penelitian ini melibatkan 23 wanita dengan nyeri haid yang dikaitkan dengan endometriosis. 

Para peneliti telah menemukan bahwa pijat mengurangi rasa sakit segera dan secara signifikan. Terapi pijat selama periode menstruasi melibatkan penekanan titik-titik tertentu seperti  perut, samping, dan punggung.

Untuk mendapatkan terapi tradisional ini, Anda bisa menggunakan jasa profesional pijat panggilan Medan yang terpercaya. Mereka sudah berpengalaman di bidangnya dan sudah mendapatkan sertikasi ahli. 

Cara Mencegah Nyeri Haid

Setelah mengetahui cara meredakan nyeri haid dengan pijatan di atas, Anda juga dapat mencegah kram dengan cara menjaga pola makan yang sehat dan berolahraga. 

Makan dan Olahraga

Jaga Pola Makan

Secara umum, makanan yang dipercaya dapat mengurangi nyeri haid harus mengandung banyak serat tinggi, nabati, dan makanan olahan, seperti:

  • Pepaya yang kaya akan vitamin
  • Beras merah mengandung vitamin B-6 untuk mengurangi gas dan kembung. 
  • Kenari, almond, dan biji labu dipercaya dapat meredakan kram
  • Minyak zaitun dan brokoli mengandung vitamin E
  • Daging ayam, ikan, dan sayuran berdaun hijau mengandung zat besi dapat mengurangi kram saat menstruasi
  • Flaxseed mengandung asam lemak omega-3 dengan sifat antioksidan yang mengurangi pembengkakan dan peradangan
  • Kunyit yang bisa dijadikan olahan jamu untuk mengurangi rasa sakit saat haid (minum sebelum atau selama menstruasi)

Selain itu, hindari dulu minuman yang bersoda, beralkohol, dan memiliki kandungan kafein. Pasalnya, ketiga sifat tersebut dipercaya justru akan menambah rasa nyeri saat haid. Jadi meskipun Anda sudah mencoba cara meredakan nyeri haid dengan pijatan di atas, pola makan harus dijaga. 

Berolahraga

Di sisi lain, berolahraga sebelum atau selama menstruasi juga dapat membantu meredakan nyeri haid. Hal tersebut dikarenakan olahraga membantu melepaskan endorfin. Aktivitas sederhana seperti jalan kaki dan yoga adalah jenis yang bisa dicoba. 

Yoga adalah latihan ringan yang juga melepaskan endorfin dan dapat membantu mencegah atau meredakan gejala kram menstruasi.Tiga pose yoga yang berbeda, termasuk cobra, cat, dan fish, cocok untuk wanita muda berusia 18-22 tahun. Secara signifikan dapat mengurangi intensitas dan durasi kram menstruasi.

Penutup

Yup, itu tadi adalah penjelasan lengkap dari cara meredakan nyeri haid dengan pijatan dan juga cara mencegahnya. Memang, sakit saat menstruasi datang tidak hanya berpengaruh pada sakit perut saja. Melainkan ada banyak keluhan yang bisa terjadi. Maka dari itu, Anda perlu pahami bagaimana cara mencegah dan mengobatinya.

Baca Juga: Cara Menyalakan dan Mematikan CCTV