Sel. Sep 21st, 2021

Tak terasa sudah hampir satu tahun lamanya kita menghadapi wabah Covid19. Kondisi ini seakan memaksa kita untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan new normal. Bahkan dunia pendidikan pun ikut terasa imbasnya. Semua siswa hingga sekarang mau tak mau harus mengikuti kegiatan belajar online di rumah. Entah kapan kegiatan belajar mengajar alias KBM biasa akan dimulai. Tampaknya masih belum ada kabar yang jelas. Nah, agar belajar online tak cepat membosankan, kami bagikan sedikit tips belajar online masa pandemi agar efektif. Kamu bisa aplikasikan tips ini di rumah ya. 

Pilih Tempat Belajar yang Nyaman & Kondusif

Salah satu hal penting yang perlu kamu persiapkan sesaat sebelum mengikuti kegiatan belajar online adalah tempat. Pastikan kamu telah memilih tempat yang paling nyaman dan kiranya kondusif. Mengapa hal ini penting? Tempat yang nyaman dan kondusif tentu akan menciptakan suasana belajar yang ideal. Suasana semacam ini akan sangat membantu untuk menciptakan suasana hati yang baik dan daya konsentrasi. Alhasil, belajar pun akan menjadi kegiatan yang menyenangkan. Kamu pun akan jauh lebih mudah untuk mengikuti kegiatan belajar meski dilakukan secara online. 

Ada tips menarik lainnya terkait dengan ruangan belajar yang akan kamu jadikan sebagai ‘ruang kelas’ kamu selama pembelajaran online. Tips adalah dengan menambahkan hiasan atau mengubah dekorasi ruangan sesuai dengan seleramu. Tujuannya adalah agar kamu tidak cepat bosan selama berada di ruangan tersebut. 

Ciptakan Suasana Rumah yang Tenang

Jika perlu, beri tahu kepada seluruh anggota keluarga kamu kalau kamu sedang belajar online. Pasang jadwal belajar online di tempat yang dapat dilihat oleh keluarga di rumah. Beri pengertian bahwa kamu memerlukan suasana yang tenang selama kegiatan belajar online tengah berlangsung. Hindari suara-suara bising yang mungkin terdengar hingga di ruang belajar kamu.

Persiapkan Berbagai Perlengkapan Pendukung

Ada beberapa jenis perlengkapan dan fasilitas pendukung yang wajib kamu persiapkan sebelum kegiatan belajar online akan dimulai. Sebut saja gawai atau laptop dan koneksi internet yang stabil. Akan jauh lebih baik lagi apabila kamu mempersiapkan kedua perlengkapan pendukung ini minimal 10 menit sebelum kelas online dimulai. 

Bagaimana jika mengalami kendala? Kamu hanya perlu melaporkannya kepada guru atau dosen kamu. Sebutkan kendalanya. Cara ini akan cukup membantu; setidaknya guru atau dosen telah mengetahui adanya kendala yang menyebabkan kamu sulit untuk mengikuti kelas online dengan lancar. 

Gunakan Aplikasi Pendukung 

Sejak adanya pembelajaran online, telah muncul sejumlah aplikasi pendukung belajar online. Kamu bisa manfaatkan aplikasi-aplikasi ini untuk kelancaran kegiatan belajar online kamu. Ada beberapa aplikasi yang direkomendasikan. Namun ada 2 nama aplikasi yang paling sering digunakan. Kedua nama aplikasi tersebut adalah Google Meet dan Zoom. Masing-masing dilengkapi dengan fitur yang menarik dan tentunya sangat mendukung kegiatan belajar online interaktif.

Beberapa alasan mengapa Zoom dan Google Meet menjadi yang terfavorit: pertama, keduanya memiliki fitur yang paling lengkap. Kedua, Google Meet dan Zoom mudah dioperasikan, bahkan oleh siswa SD sekalipun. 

Nah, jika kamu penasaran dengan bahasan tentang belajar online dan topik pendidikan lainnya, kamu bisa kunjungi situs academia.co.id. Situs ini berisi info menarik dan bermanfaat seputar pendidikan di Indonesia. 

Demikian artikel singkat tentang tips belajar online masa pandemi yang efektif. Segera aplikasikan dan rasakan manfaatnya. 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *