Sen. Feb 26th, 2024
makanan terenak di pontianak

Selain menawarkan potensi wisata yang menarik, daya tarik lain dari kota Pontianak adalah keberagaman kuliner hingga makanan terenak di Pontianak yang menarik perhatian. Dengan pengaruh campuran budaya lokal dan Tionghoa yang kuat, kulinernya memiliki variasi yang unik.

Jika Anda mengunjungi Pontianak, mencicipi hidangan khasnya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Apa saja hidangan khas yang patut dicoba di kota ini? Jangan lupa untuk selalu menggunakan jasa rental mobil murah pontianak, khususnya untuk kalian yang dari luar kota Pontianak. Yuk, temukan rekomendasinya di bawah ini.

Bagi para pelancong yang ingin menikmati kuliner di Pontianak, mengenal beragam hidangan khasnya merupakan hal yang penting. Berikut ini adalah beberapa hidangan khas Pontianak yang lezat dan patut Anda nikmati.

Makanan Terenak di Pontianak 

1. Pengkang

Kue asli dari makanan terenak di Pontianak yang pantang dilewatkan adalah kue pingkan. Pingkan merupakan sajian yang hampir serupa dengan lemper, terbuat dari beras ketan yang lezat. Isi pingkan biasanya berupa campuran daging ebi yang menghadirkan cita rasa unik dan khas.

Proses pembuatan pingkan dimulai dengan membungkusnya menggunakan daun pisang, membentuknya menjadi bentuk segitiga, dan kemudian menguncinya dengan bambu. Setelah dikukus, pingkan akan dipanggang hingga tercium aroma wangi yang menggugah selera. Baunya yang menggoda akan membuat siapapun penasaran untuk mencicipinya.

2. Sotong Pangkong

Sotong pangkong, varian kuliner khas dari Pontianak, memiliki ciri khas yang unik karena terbuat sepenuhnya dari sotong. Proses pembuatannya pun cukup sederhana, dimulai dengan membersihkan sotong terlebih dahulu sebelum memanggangnya sebentar untuk mencapai tekstur yang empuk.

Setelah sotong empuk, dagingnya dipipihkan menggunakan alat khusus, kemudian diiris-iris dan siap untuk dinikmati. Untuk memberikan citarasa lebih menggoda, sotong pangkong biasanya disajikan bersama sambal kacang. Selain sebagai hidangan utama, makanan ini juga cocok disantap sebagai camilan ringan, menarik bukan?

3. Bubur Pedas

Salah satu makanan terenak di Pontianak yang patut kamu nikmati adalah soto tewel. Makanan ini merupakan soto yang dihidangkan dengan bahan pelengkap yang berbeda dari soto pada umumnya. Perbedaannya terletak pada kuahnya yang kental dan isiannya yang beragam. Kuah soto ini disajikan dengan potongan daging ayam yang lembut serta irisan telur rebus. 

Yang membedakan rasanya adalah rempah-rempah khas yang digunakan dalam proses memasaknya. Di samping itu, soto tewel juga disajikan dengan taburan bawang goreng dan daun seledri yang segar. Kamu bisa menikmati soto tewel ini sebagai menu makan siang di Pontianak. Kelezatan kuahnya yang kaya rempah pasti cocok untuk lidah yang doyan akan cita rasa yang beragam.

4. Choi Pan

Choi pan, makanan terenak di Pontianak ini sungguh menarik untuk dinikmati di waktu sore. Bentuknya yang mirip pangsit dengan aneka isi yang beragam membuatnya unik. Kulit luar choi pan terdiri dari campuran tepung beras dan maizena, memberikan tekstur kenyal yang menggoda. 

Isian biasanya mencakup kucai, rebung, bengkuang, kacang, dan talas. Ada dua varian choi pan yang patut dicoba, yakni kukus dan goreng. Meskipun digoreng, makanan ini tidaklah kering melainkan hanya sedikit renyah di bagian bawahnya. Untuk memperkaya citarasa, bisa dinikmati dengan sedikit minyak bawang putih.

5. Pisang Goreng Srikaya

Pisang goreng bukanlah hanya spesialisasi Pontianak, tetapi tersedia dengan berbagai varian di banyak tempat. Namun, keistimewaan pisang goreng dari Pontianak jelas terlihat. Paduan adonan tepung dan pisangnya begitu pas dan lezat. Tak hanya itu, setelah digoreng hingga matang, pisang tersebut dilumuri dengan berbagai saus, tidak hanya srikaya.

Dalam perkembangannya, pisang goreng khas Pontianak kini tak lagi terbatas pada cita rasa srikaya semata, melainkan telah tersedia dalam variasi rasa yang lebih beragam. Jika berkunjung ke Pontianak, mencicipi pisang goreng ini wajib untuk dilakukan.

6. Kiam Ko Kwe

Salah satu hidangan spesial yang tidak boleh dilewatkan saat berada di Pontianak adalah kiam ko kwe. Kue tradisional ini terdiri dari campuran tepung beras dan santan yang dibentuk kotak-kotak. Umumnya, kue ini dihiasi dengan daging ayam cincang di bagian atasnya.

Kiam ko kwe memiliki cita rasa yang gurih dengan sentuhan sedikit asin, membuatnya menjadi pendamping yang pas untuk menikmati secangkir kopi atau teh. Anda dapat dengan mudah menemukan kue ini di berbagai warung pinggir jalan di Pontianak.

7. Pasung

Salah satu makanan terenak di Pontianak yang sulit ditemukan di luar bulan Ramadhan di Pontianak adalah kue pasung atau kue sambas. Kue ini memiliki komposisi utama dari tepung beras yang dibungkus dengan daun pisang berbentuk kerucut.

Dikenal dengan dua variasi rasa, yakni gurih dan manis, kue ini jarang tersedia di luar periode Ramadhan. Tradisinya, kue pasung biasanya diproduksi di Pontianak pada tanggal 27 Ramadhan, sehingga sulit untuk ditemukan di luar waktu tersebut.

Baca Juga: Wisata Bali Terbaru: Temukan Destinasi Wisata Terbaik di Bali